Followers

2.28.2010

Persahabatan

"Friends Like A Sweeter "

Dalam kehidupan, manusia tetap membutuhkan orang lain, membutuhkan seorang sahabat. Sahabat seperti pemanis dalam kehidupan. 
Menurut wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Persahabatan), Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.
Dan untuk memulai sebuah persahabatan, kita harus mengenal identitas diri kita sendiri. Hal ini bermaksud kita sebagai makhluk individu, harus memiliki prinsip yang jelas agar dalam persahabatan yang kita bina dengan sahabat kita tetap mempunyai ciri khas individu dan tidak terpengaruh dari sifat-sifat yang kurang baik. Dan kita juga perlu mengenal perilaku sahabat kita, menerima perbedaan-perbedaan yang terjadi antara kita dan sahabat kita. Kita juga harus berani menegur sahabat kita jika mereka berbuat salah tentunya dengan cara yang sudah kita tahu, karena kita telah mengenal sahabat kita. Dan yang paling penting adalah kejujuran dan ketulusan kita dalam menjalani sebuah persahabatan. Tidak boleh ada pamrih dalam persahabatan. Dan memang dalam berteman sebaiknya tidak boleh memilih-milih, tapi menurut saya kita perlu memilih seseorang yang menurut kita bisa menjadi sahabat kita. Karena persahabatan itu bernilai positif, maksudnya persahabatan harus memberikan pengaruh cositif dalam individu-individu yang menjalaninya, hal ini bisa dilihat dalam film 3 Idiots. Dalam film itu Rancho (Aamir Khan) memberikan pengaruh positif terhadap dua sahabatnya yang akhirnya mengejar impiannya. 
Persahabatan juga kita harus berusaha memberikan yang terbaik untuk sahabat kita, bisa berupa waktu kita di setiap saat yaitu suka maupun duka. Dalam persahabatan juga kita bisa saling membantu untuk mencapai tujuan seperti yang digambarkan pada film Harry Potter saga yaitu persahabatan Harry, Hermione dan Ron. dalam film ini diperlihatkan sangat jelas bagaimana peran satu sama lain dalam hal apapun. 
Dan yang paling penting, seorang sahabat tidak menyakiti perasaan sahabatnya. Mungkin suatu hari ada masalah dalam persahabatan, tetapi jika kita sudah mengenal dengan baik sahabat kita, kita dapat menyelesaikan masalah itu dengan baik dan tidak menyakitinya. 

Saya pun memiliki beberapa sahabat. Dan dari sahabat-sahabat saya, saya dapat belajar beberapa hal yang baik dan yang tidak baik. Yang baik saya ikuti dan yang tidak baik menjadi pelajaran untuk saya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama yang telah dilakukan oleh sahabat-sahabat saya. Yang jelas saya sayang sahabat-sahabat saya karena mereka adalah orang berarti dalam hidup saya terutama mereka tidak meninggalkan saya di masa sulit saya.
Terima kasih sahabat-sahabatku..
(Lidya, Beatrix, Ulva, Indra, Friska, Meiga, Putri, Tasya, Icha, Elly, Riki, Gorby, Bowo, Zhilal, Imanuddin,  Imansyah, Doko, Gevi, Yere).



1 comments:

ulva razie said...

owh so sweet..
bener tuh,sahabat adalah bagian penting dalam hidup kitah..jangan pernah menyepelekan arti sahabat karena mereka akan ad buat kita selalu...